BelajarGeografiIPSMateri

Gempa Bumi (Seisme)

Erlangga.co.id

Gempa bumi atau getaran seismik adalah getaran pada permukaan bumi yang disebabkan oleh kekuatan dari dalam dan umumnya berasosiasi dengan gerakan lempeng. Gempa disebabkan pelepasan energi secara tiba-tiba pada litosfer. Semakin besar energi yang dilepaskan, semakin kuat gempa yang ditimbulkan. Kekuatan gempa dapat diukur dengan menggunakan seismograf. Gempa memiliki jenis dan tipenya, yaitu sebagai berikut.

1. Klasifikasi gempa berdasarkan faktor penyebabnya

Gempa berdasarkan faktor penyebab terjadinya dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Gempa Tektonik. Gempa tektonik disebabkan karena adanya kegiatan tektonik lempeng. Gempa bumi ini terjadi di zona batas antarlempeng dan patahan, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Kekuatan gempa tektonik dapat mencapai 9 skala richter.
  • Gempa Vulkanik. Gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh aktivitas gunung api. Gempa ini terjadi, baik sebelum, selama, atau setelah peletusan gunung api. Gempa ini hanya terjadi di daerah gunung api.
  • Gempa Runtuhan. Gempa runtuhan adalah gempa yang terjadi akibat runtuhan batuan, biasanya terjadi di daerah kapur atau terowongan bawah tanah akibat kegiatan penambangan. Runtuhan yang besar dapat mengakibatkan getaran yang kuat dan bersifat lokal.
  • Gempa Tumbukan. Gempa tumbukan terjadi akibat meteor yang menabrak bumi. Salah satu contohnya adalah meteor yang jatuh di Rusia pada tahun 1908. Akibatnya adalah terjadi lubang yang sangat besar menyerupai sebuah kawah.

2. Klasifikasi gempa berdasarkan kedalamannya

Berdasarkan kedalaman pusat gempa, ada tiga jenis gempa, yaitu sebagai berikut.

  • Gempa Dalam. Jika jarak pusat gempanya sekitar 300-700 km dari permukaan bumi.
  • Gempa Tengah. Jika jarak pusat gempanya sekitar 100-300 km dari permukaan bumi.
  • Gempa Dangkal. Jika jarak pusat gempanya kurang dari 100 km dari permukan bumi.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close